Social Icons

Kamis, 11 Juni 2015

Wisata Kalibiru

Fasilitas Flying Fox di Kalibiru 
YOGYAKARTA – Kota Yogya tidak hanya dikenal sebagai Kota Pelajar tetapi juga wisatanya. Sekitar 40 km dari Kota Yogya, ada tempat wisata yang sangat indah tepatnya di Desa Hagrowilis, Kecamatan Kokap, Kulonprogo. Tempat ini dikenal dengan sebutan Kalibiru.

Kalibiru merupakan kawasan hutan yang dikelola oleh masyarakat Desa Hagrowilis dan dijadikan objek wisata alam. Hutan wisata ini berada di perbukitan Menoreh. Kalibiru dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi dalam waktu 60-90 menit.

Pada tahun 1950-an, Kalibiru merupakan hutan lindung. Namun banyaknya pembalakan liar yang terjadi hingga tahun 1997, akhirnya warga sekitar inisiatif untuk mengelola kalibiru dan membuat hutan itu kembali hijau dan sejuk.

Di Kalibiru tersedia berbagai paket wisata, diantaranya wisata pedesaan, budaya, pendidikan, alam, dll. Untuk masuk ke hutan wisata, pengunjung hanya dikenakan kontribusi sebesar Rp. 2000. Ada juga wahana flying fox diatas tebing, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp. 5000 untuk anak-anak. (adi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
 
Blogger Templates