Social Icons

Selasa, 03 Februari 2015

Wisata Religi Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak
DEMAK - Masjid Agung Demak merupakan salah satu peninggalan kerjaan Islam pertama di Jawa. Masjid yang terletak di Desa Kauman, Demak, Jawa Tengah itu hingga kini masih berdiri megah dan menjadi tujuan wisata religi.

Masjid ini konon dibangun oleh Raden Patah, Sultan Demak pertama beserta para wali yang menyebarkan Islam di tanah Jawa pada abad ke- 15. Masyarakat setempat meyakini bahwa masjid ini dulunya menjadi tempat berkumpul para wali.

Arsitektur yang sangat kental dengan nuansa Jawa ini terlihat dari atapnya yang tidak memiliki kubah dan hanya berbentuk limas bersusun tiga. Tiga sap atap ini memiliki arti sebagai tingkatan manusia dalam Islam yaitu Iman, Islam, dan Ihsan. Masjid ini memiliki lima pintu yang berarti rukun Islam dan jendela yang berjumlah enam yang berarti rukun Iman.

Di dalam kompleks masjid pernah diajukan sebagai situs warisan budaya UNESCO pada tahun 1995. Di kompleks masjid pun terdapat sebuah museum yang berisi berbagai hal mengenai riwayat Masjid Agung Demak. (adi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
 
Blogger Templates